Pages

Wednesday 9 October 2013

Sertifikasi GLOBAL G.A.P. (Untuk Aquafarm Nusantara)



Aquafarm Nusantara

Kata orang, dunia terasa makin kecil. Orang semakin saling tergantung dan, persaingan semakin ketat antar negara. Karenanya apabila produk Aquafarm Nusantara ingin diekspor ke luar negeri dan bersaing di dunia internasional, maka aturan/standar internasional harus dipenuhi.


Salah satu sertifikat internasional di bidang perikanan adalah GLOBAL G.A.P (Good Agricultural Practices) yang mensyaratkan standar internasional secara menyeluruh untuk proses perikanannya.
Aquafarm Nusantara memperoleh Sertifikasi GLOBAL G.A.P. karena menerapkan standar internasional untuk seluruh kegiatan produksinya, mulai dari pembenihan, pembesaran, hingga pabrik pembuatan pakan.
Dengan pencapaian ini, Aquafarm Nusantara menjadi perusahaan budidaya ikan nila pertama di Indonesia yang memperoleh pengakuan dunia internasional atas komitmennya pada penerapan budidaya ikan yang baik.
Perlu diketahui, program GLOBAL G.A.P. sendiri telah dimulai sejak 1997 dengan nama EUREPGAP. Program ini dibangun atas dasar inisiatif dan kesadaran para pedagang bahan pangan di Eropa tentang kualitas dan kesehatan makanan yang mereka jual kepada konsumen. Melalui pengembangan standar dan prosedur, yang juga dibarengi dengan sistem audit dalam penerapannya, EUREPGAP memperoleh reputasi internasional sebelum kemudian mengubah namanya menjadi GLOBAL G.A.P. pada 2007.

Standar GLOBAL G.A.P. mensyaratkan perusahaan tidak hanya memiliki dokumen kegiatan usaha yang lengkap dan penerapan sistem kerja yang baik, tetapi juga mampu membuktikan kualitas dan konsistensi produknya melalui sejumlah proses audit dan pemeriksaan ke lapangan, baik dengan pemberitahuan maupun tidak. Pelaksanaan audit oleh pihak ketiga yang independen juga menjadi kekuatan yang mendukung kredibilitas GLOBAL G.A.P.
Di sisi lain, keterlacakan (tracebility) menjadi salah satu hal yang diutamakan dalam standar GLOBAL G.A.P. Ikan yang dikembangbiakkan harus dapat dipertanggungjawabkan siklus hidupnya mulai dari benih/telur hingga dewasa. Ini membutuhkan sistem pencatatan harian yang sangat baik. Sertifikasi ini diperbaharui setiap tahun untuk memastikan terjaganya standar yang berlaku.

Sejauh ini, GLOBAL G.A.P. telah menerbitkan sertifikat kepada banyak perusahaan di 20 negara. Sejumlah pengusaha mengakui bahwa sertifikat GLOBAL G.A.P. memudahkan mereka untuk menjual produknya ke sejumlah perusahaan makanan, restoran dan supermarket, khususnya di pasar Eropa yang memiliki standar kualitas yang sangat tinggi. Aquafarm saat ini tercatat telah mengekspor sebagian besar produknya ke Eropa dan Amerika Serikat yang juga dikenal memiliki standar kualitas tinggi untuk produk bahan pangan yang akan masuk ke wilayahnya.
Ikut sertanya Aquafarm dalam sertifikasi ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki komitmen yang tinggi untuk menjaga kualitas produk maupun lingkungan kerjanya.

No comments:

Post a Comment