Pages

Tuesday 8 October 2013

Aquafarm Nusantara: Membangun Masyarakat

Aquafarm Nusantara Demi mewujudkan visi dan misi perusahaan untuk berkembang bersama masyarakat setempat, sambil tetap menjaga validitas berbagai sertifikasi yang telah dimiliki perusahaan yang mewajibkan Aquafarm Nusantara melaksanakan kegiatan usahanya secara bertanggung jawab baik secara sosial, ekonomi maupun lingkungan, Aquafarm secara rutin melakukan kegiatan CSR. Tidak hanya di Danau Toba, Aquafarm Nusantara juga melakukan kegiatan CSR-nya di luar wilayah usaha mereka, karena tidak ingin keberadaan perusahaan hanya dinikmati oleh masyarakat di sekitar Danau Toba.
Untuk mendukung perekonomian masyarakat misalnya, Aquafarm Nusantara secara rutin melaksanakan kegiatan pengadaan bibit ikan air tawar di Danau Toba, bekerja sama dengan pemuda, tokoh masyarakat, atau pemerintah setempat. Yang baru dilaksanakan pada bulan Oktober 2012 lalu, bersama dengan kelompok tani setempat serta Kapolsek Balige, Aquafarm Nusantara membagikan 10,000 ekor ikan air tawar di Desa Pardede Onan, Balige, Kabupaten Toba Samosir. Dengan bantuan ini, diharapkan masyarakat dapat terlibat dalam penjualan ikan tanpa perlu membeli bibit. Sedangkan untuk mendukung pelestarian dan kebersihan lingkungan, Aquafarm melakukan pembersihan rutin di wilayah usahanya di Danau Toba, setiap dua bulan sekali.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan kapal Aquaclean milik perusahaan, atau dua kapal lainnya dengan ukuran yang lebih kecil. Tidak hanya itu, Aquafarm menyambut baik kerjasama yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bersama dengan Muspika dan organisasi masyarakat di di Ajibata. Kerjasama ini diawali dengan kegiatan pembersihan sampah secara rutin setiap hari Jumat di sekitar kawasan pariwisata pantai Ajibata, dan diharapkan menjadi langkah awal peningkatan pariwisata di kawasan Toba. Untuk itu, selain mengirimkan karyawannya agar terlibat langsung dalam kegiatan tersebut, Aquafarm Nusantara juga menyediakan karung goni yang dipakai untuk menampung sampah, serta menyediakan ikan untuk disantap bersama setelah acara. Yang baru dilaksanakan juga pada bulan Oktober 2012 lalu, Aquafarm menyambut inisiatif dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Simalungun untuk membersihkan sampah di wilayah Parapat. Dalam melaksanakan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat setempat, Aquafarm tidak segan-segan terlibat dalam kegiatankegiatan berisiko tinggi.

Aquafarm Nusantara memiliki tim penyelam yang memiliki tugas awal mengontrol keramba jaring apung milik perusahaan. Namun demikian, tim penyelam yang juga tergabung dalam Tim SAR (Search and Rescue) Danau Toba tersebut juga telah sering terlibat dalam upaya penyelamatan dan akan aktif bekerja sama dengan pemerintah setempat bilamana dibutuhkan. Masyarakat yang membutuhkan bantuan biasanya menyampaikan permohonan kepada perusahaan melalui Muspida yang menginformasikan kebutuhan masyarakat kepada Humas Aquafarm.

No comments:

Post a Comment